Siap Menghadapi UN 2014

Dalam rangka menghadapi UN 2014, siswa dapat melihat jadwal UN 2014 di sini. di sini juga diberikan file-file materi pengayaan UN dari direktorat PSMP yang dapat didownload

Profil Sekolah

Profil SMP Negeri 1 Bolo sebagai Sekolah Standar Nasional

Selasa, 31 Juli 2012

Soal OSN Fisika

Mengenal Bakteri Sakazakii


Keberadaan bakteri Entrobacter Sakazakii di dalam susu formula tidak perlu dirisaukan atau dicemaskan oleh para orang tua. Pasalnya, bakteri ini bisa mati pada air panas dengan minimal suhu 70 derajat celcius. Untuk itu, diimbau kepada orang tua dalam menyajikan susu formula kepada bayi hendaknya menggunakan air panas.

Umar Zein, selaku ahli kesehatan,  mengatakan selain itu, jika ada sisa lebih baik dibuang, karena susu paling bertahan dua jam. Bakteri Sakazakii ini tidak membahayakan pada setiap bayi. Bakteri ini hanya berdampak pada bayi yang daya tahan tubuhnya lemah serta pada bayi yang lahir prematur.

“Bagi bayi yang sehat, apalagi anak-anak, bakteri ini tidak membahayakan,” ujarnya, pagi ini. Bakteri Sakazakii ini berpotensi hadir dimana dan kapan saja, termasuk juga di Indonesia. Pasalnya, susu formula bisa terkontaminasi bakteri melalui udara.

“Bakteri dimana-mana saja ada, bakteri kan penyebarannya bisa melalui udara. Susu dapat menjadi media pertumbuhan yang baik bagi bakteri karena di dalamnya terdapat komponen biokimia yang juga diperlukan oleh bakteri untuk tumbuh dan berkembang,” katanya.

Dia menyarankan kepada para ibu dalam memberikan susu formula kepada bayinya hendaknya menggunakan air panas. “Sebaiknya beri ASI ekslusif saja,” sebutnya.

Sementara itu, ahli kesehatan dan gizi di Medan, Sairi M Saragih, menuturkan tidak hanya susu yang berpotensi terkontaminasi Sakazakii, tetapi bisa juga ditemukan di beberapa bahan makanan antara lain daging cincang awetan, sayuran, serta keju.

“Bakteri ini dapat menyebabkan radang selaput otak dan radang usus atau diare pada bayi, infeksi saluran pernapasan bagian bawah, infeksi kulit dan jaringan lunak, infeksi saluran kemih, infeksi dalam perut dan infeksi lainnya,” pungkasnya.

Disarankan, dalam memberikan susu formula baiknya harus memperhatikan cara penyajian yang baik dan benar, sehingga mengurangi resiko infeksi. “Susu yang diberikan untuk setiap mau minum dan langsung habis, berarti jumlah penyajiannya harus sedikit," ungkapnya.

Kata dia, Ini untuk mengurangi kuantitas dan waktu susu formula itu terkontaminasi bakteri dari udara. Jadi jangan ada sisa, dan sisa itu jangan diberikan lagi pada bayi. Bayi lahir prematur sangat rentan terserang bakteri Sakazakii.

Penelitian independen tentang kandungan bakteri dalam susu bubuk formula yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) berbuntut panjang. Masyarakat masih resah karena belum ada keterangan jelas tentang merek susu yang tercemar Enterobacter Zakazakii.  

Tapi kata Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, bakteri sejenis itu memang dapat dijumpai di mana-mana, baik di makanan, lingkungan, bahkan di usus manusia normal. Bakteri itu ada yang berbahaya dan ada yang tidak. Bakteri yang berbahaya bisa menyerang bayi yang usianya kurang dari 28 hari, bayi prematur, dan yang beratnya tubuhnya kurang. Akibatnya, bisa menderita diare ataupun meningitis.

Lalu bagaimana cara menghindari susu yang mengandung Enterobacter Sakazakii?

Badan POM menganjurkan agar tehindar dari bakteri, larutkan susu bubuk formula menggunakan air yang dimasak sampai mendidih lalu dibiarkan selama 10-15 menit agar suhunya turun dan menjadi tidak kurang dari 70 derajat celcius.

Siapkan susu yang dapat dihabiskan bayi sesuai takaran. Kemudian, sisa susu yang sudah larut harus dibuang setelah dua jam.

“Pemakaian susu bubuk formula bukanlah suatu produk yang steril dan dapat terkontaminasi kuman yang dapat menyebabkan penyakit,” kata Kepala BPOM Kunstantiah, dalam jumpa pers di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (10/2/2011).

Enterobacter Zakazakii memiliki kemampuan bertahan pada produk kering, namun mudah mati jika terkena panas pada suhu 70 derajat celcius dalam 15 detik dan bisa ditemukan pada tanah, udara, lalat, dan tikus.

Sumber : Sinergi Fitness

Mengenal Penyakit Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini, apalagi bagi mereka yang tinggal di kawasan perkotaan. Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Dan akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian. Karena itu, jika bisa, penyakit ini harus dicegah. Jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi, Anda dapat mengendalikan penyakit ini. Bagaimana cara mencegah dan mengendalikan darah tinggi atau hipertensi?

Tekanan Darah
Sebelum membahas mengenai tekanan darah tinggi atau hipertensi, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang tekanan darah. Saat Anda melakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan klinis ke dokter, biasanya ada alat khusus yang digunakan oleh dokter untuk memeriksa tekanan darah. Alat untuk memeriksa tekanan darah disebutsphigmomanometer atau dikenal juga dengan tensimeter. Ada tensimeter digital dan ada juga tensimeter air raksa yang masih umum digunakan untuk pemeriksaan klinis.

Memeriksa Tekanan Darah
Saat memeriksa tekanan darah, ada dua angka yang biasanya disebut misalnya 120/80. Apa yang dimaksud angka-angka tersebut?

Sistolik
Angka pertama (120) yaitu tekanan darah sistolik, yaitu tekanan saat jantung berdenyut atau berdetak (sistol). Sering disebut tekanan atas.

Diastolik
Angka pertama (90) yaitu tekanan darah diastolik, yaitu tekanan saat jantung beristirahat di antara saat pemompaan. Sering disebut tekanan bawah.

Dokter akan melakukan pemeriksaan tekanan darah dengan menyuruh Anda duduk atau berbaring, karena itu posisi terbaik untuk mengukur tekanan darah. Lalu dokter biasanya akan mengikat kantung udara pada lengan kanan kecuali pada lengan tersebut terdapat cedera. Setelah itu, dilakukan pengukuran tekanan darah. Perbedaan antara tekanan sistolik dan diastolik disebut tekanan denyut.

Apa yang dimaksud dengan tekanan darah? Tekanan darah yaitu tekanan yang dialami darah pada pembuluh arteri ketika darah di pompa oleh jantung ke seluruh anggota tubuh manusia. Tekanan darah dibuat dengan mengambil dua ukuran dan biasanya terdapat dua angka yang akan disebut oleh dokter. Misalnya dokter menyebut 140-90, maka artinya adalah 140/90 mmHg. Angka pertama (140) menunjukkan tekanan ke atas pembuluh arteri akibat denyutan jantung atau pada saat jantung berdenyut atau berdetak, dan disebut tekanan sistolik atau sering disebuttekanan atas. Angka kedua (90) menunjukkan tekanan saat jantung beristirahat di antara pemompaan, dan disebut tekanan diastolik atau sering juga disebut tekanan bawah.

Setelah mengetahui tekanan darah, pasti Anda ingin mengetahui apakah tekanan darah Anda termasuk rendah, normal atau tinggi. Berikut ini penggolongan tekanan darah berdasarkan angka hasil pengukuran dengan tensimeter untuk tekanan sistolik dan diastolik:
 

Mengapa Tekanan Darah Meningkat?
Apa yang menyebabkan tekanan darah bisa meningkat? Sebagai ilustrasi, jika Anda sedang menyiram kebun dengan selang. Jika Anda menekan ujung selang, maka air yang keluar akan semakin kencang. Hal itu karena tekanan air meningkat ketika selang ditekan. Selain itu, jika Anda memperbesar keran air, maka aliran air yang melalui selang akan semakin kencang karena debit air yang meningkat.

Hal yang sama juga terjadi dengan darah Anda. Jika pembuluh darah Anda menyempit, maka tekanan darah di dalam pembuluh darah akan meningkat. Selain itu, jika jumlah darah yang mengalir bertambah, tekanan darah juga akan meningkat.

Penyebab Darah Tinggi
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang memiliki tekanan darah tinggi. Ada faktor penyebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat Anda kendalikan. Ada juga yang dapat Anda kendalikan sehingga bisa mengatasi penyakit darah tinggi. Beberapa faktor tersebut antara lain:

·            Keturunan
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Jika seseorang memiliki orang-tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik daripada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.
·            Usia
Faktor ini tidak bisa Anda kendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah Anda saat muda akan sama ketika Anda bertambah tua. Namun Anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.
·            Garam
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.
·            Kolesterol
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kandungan lemak yang berlebih dalam darah Anda, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat. Kendalikan kolesterol Anda sedini mungkin. Untuk tips mengendalikan kolesterol, silahkan lihat artikel berikut: kolesterol.
·            Obesitas / Kegemukan
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.
·            Stres
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicu tekanan darah tinggi.
·            Rokok
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Merokok juga dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasan merokok dapat meningkatkan risiko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu, kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.
·            Kafein
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.
·            Alkohol
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
·            Kurang Olahraga
Faktor ini bisa Anda kendalikan. Kurang olahraga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur mampu menurunkan tekanan darah tinggi Anda namun jangan melakukan olahraga yang berat jika Anda menderita tekanan darah tinggi.

Mencegah dan Mengatasi Darah Tinggi
Untuk mencegah darah tinggi bagi Anda yang masih memiliki tekanan darah normal ataupun mengatasi darah tinggi bagi Anda yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, maka saran praktis berikut ini dapat Anda lakukan:
  • Kurangi konsumsi garam dalam makanan Anda. Jika Anda sudah menderita tekanan darah tinggi sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung garam.
  • Konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium. Kalium, magnesium dan kalsium mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
  • Kurangi minum minuman atau makanan beralkohol. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan wanita 15 ml per hari.
  • Olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika Anda menderita tekanan darah tinggi, pilihlah olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, lari santai, dan berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu.
  • Makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk.
  • Jalankan terapi anti stres agar mengurangi stres dan Anda mampu mengendalikan emosi Anda.
  • Berhenti merokok juga berperan besar untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  • Kendalikan kadar kolesterol Anda.
  • Kendalikan diabetes Anda.
  • Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan ke dokter jika Anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk meminta obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.


Sumber : Sinergi Fitness

Senin, 30 Juli 2012

Soal-Soal OSN Matematika SMP Tingkat Propinsi



Semua soal OSN Matematika SMP Tingkat Propinsi mulai Tahun 2003 dapat di download pada link-link berikut :

OSN tahun 2003 :  [DOWNLOAD]

OSN tahun 2004 :  [DOWNLOAD]

OSN tahun 2005 :  [DOWNLOAD]

OSN tahun 2006 :  [DOWNLOAD]

OSN tahun 2007 :  [DOWNLOAD]

OSN tahun 2008 :  [DOWNLOAD]

OSN tahun 2009 :  [DOWNLOAD]

OSN tahun 2010 : [DOWNLOAD]



OSN tahun 2011 : [DOWNLOAD]

OSN tahun 2012 : [DOWNLOAD]

Soal OSN Matematika SMP Tingkat Kabupaten

By Muhammad Yusuf, S.Pd.


Materi Powerpoint Pembelajaran Matematika IX

Minggu, 29 Juli 2012

LOMBA PENULISAN BEST PRACTICE GURU


Guna meningkatkan motivasi guru dalam menulis dan menyebarluaskan pengalaman terbaiknya, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependididan Pendidikan Menengah mangadakan lomba penulisan “Best Practice Guru.” Tulisan pengalaman terbaik (Best Practice) guru adalah tulisan yang dibuat guru yang berisi laporan uraian pengalaman nyata guru dalam memecahkan berbagai masalah pelaksanaan pembelajaran dan/atau masalah pengelolaan yang ada di kelas (bagi guru) atau di satuan pendidikan (bagi kepala sekolah). Tulisan merupakan pengalaman nyata guru, bukan pengalaman orang lain, saduran, terjemahan atau plagiasi.

Prosedur Penulisan Best Practice
1.
Peserta kegiatan ini adalah guru/kepala sekolah pendidikan menengah.
2.
Penulisan laporan Best Practice dilakukan perseorangan.
3.
Kelengkapan yang harus dikirim kepada panitia:
- Laporan tertulis sebanyak 2 (dua) eksemplar.
- Naskah sajian (print-out) presentasi yang berupa tayangan PowerPoint, dengan jumlah slide sekitar 10-20 buah.
- CD yang berisi laporan lengkap dalam format MS. Word dan juga berisi naskah presentasi dalam bentuk PowerPoint.

 Aturan dan Kerangka Penulisan

1.
Pengalaman terbaik (Best Practice) guru diketik dengan menggunakan huruf ARIAL font 12, spasi 1,5, menggunakan kertas ukuran A4 70 gr, tidak bolak-balik.
2.
Jarak pengetikan bagian atas 3,0 cm dan bawah 2,5 cm, bagian tepi kiri 3,0 cm dan kanan 2,5 cm. Setiap halaman diberi nomor halaman.
3.
Naskah dijilid rapi dengan menggunakan sampul soft cover berwarna MERAH dan format sesuai dengan yang tersaji dalam lampiran. Semua lampiran, harus dijilid menjadi satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
4.
 Kerangka isi penulisan diatur sebagai berikut.
Bagian Awal terdiri atas: (a) halaman judul; (b) lembaran pengesahan; (c) kata pengantar; (d) daftar isi, (e) abstrak atau ringkasan; serta (f). daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran (bila ada). Lembar persetujuan ditandatangani Koordinator Pengawas bila yang menyusun adalah pengawas dan ditandatangani Pejabat Dinas Pendidikan bila yang menyusun adalah koordinator pengawas. Bagian Isi terdiri atas beberapa bab. (a) Bab Pendahuluan menjelaskan latar belakang, permasalahan, tujuan, dan manfaat. (b) Bab Kajian tentang Pembahasan dan Pemecahan Masalah yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah yang dituangkan secara rinci. Hal yang sangat perlu dituliskan adalah bagaimana tindakan, cara, langkah yang dilakukan oleh pengawas sekolah sehingga kegiatan tersebut dinyatakan sebagai pengalaman terbaiknya dalam memecahkan masalah dan juga dihubungkan dengan teori akademik yang menunjang. Semua uraian tentang pelaksanaan tindakan yang telah dilakukan harus didukung (dilampirkan) dengan data yang benar. Hal yang sangat perlu disajikan pada bab ini adalah keaslian dan kejelasan ide/gagasan terkait dengan upaya pemecahan masalah. Uraian ini merupakan inti tulisan Best Practice. (c) Bab Simpulan dan Saran berisi uraian tentang hal-hal yang dapat dipetik sarinya dari pengalaman berharga tersebut. Simpulan diikuti dengan saran atau rekomendasi terhadap pihak terkait dengan pemecahan masalah tersebut. Bagian Penunjang berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang menunjang tulisan tersebut. Sajian lampiran dimaksudkan sebagai bukti penunjang kegiatan yang ditulis itu benar-benar merupakan hal nyata yang telah dilakukan.

Pengiriman Laporan Best Practice
Berkas laporan dikirim ke alamat panitia dan selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2012 Pukul 13.00 WIB berkas sudah diterima panita.

Penilaian
Penilaian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan penilaian administratif dan substansi tulisan. Peserta yang lolos tahap seleksi ini diundang melakukan presentasi. Tahap kedua dilakukan penilaian berdasarkan substansi isi dan hasil presentasi dengan kriteria (a) kesesuaian presentasi dengan isi tulisan, (b) kejelasan dan logika dalam penyajian, dan (c) unjuk kerja selama menyajikan presentasi.

Penghargaan
Penulis dan penyaji Pengalaman Terbaik (Best Practice) akan memperoleh hadiah yang berupa sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya.

PANITIA PENULISAN BEST PRACTICE
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Dikmen
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta 10270
Telp/Fax: 021-57974108
Email: programptkdikmen@yahoo.co.id

Download Dokumen Pendataan NUPTK


1. NUPTK WebBrowser PE
Melihat NUPTK yang telah diterbitkan.Download

2. Instrumen Pendataan
Kuesioner isian dan Petunjuk pengisian untuk pemohon NUPTK di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota ..Download

3. Form Komplain NUPTK
Form untuk mengajukan keluhan jika pengajuan NUPTK ditolak dengan alasan yang kurang jelas atau salah. .Download

Download Buku Matematika SMP Milik P4TK Matematika


Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya
Penulis : Untung Trisna Suwaji

Materi dalam paket ini meliputi materi yang terdapat dalam standar isi ditambah dengan beberapa materi pengayaan. Materi-materi tersebut meliputi bangun-bangun ruang dengan sisi datar seperti kubus, balok, prisma, dan limas, serta bangun-bangun ruang dengan sisi lengkung seperti kerucut, tabung, dan bola. Pada kedua jenis bangun ruang tersebut dibahas tentang konsep, istilah-istilah, luas permukaan, dan volum. Sedangkan materi pengayaan meliputi luas permukaan dan volum bangun ruang terpancung.


Analisis SI-SKL Matematika SMP Untuk Optimalisasi Tujuan

Penulis : Sri Wardhani

Paket tulisan ini disusun dalam rangka memfasilitasi:
1. MGMP Matematika SMP agar dapat meningkatkan kompetensi anggotanya dalam mengelola pembelajaran matematika yang sesuai dengan standar nasional pendidikan;
2. Guru matematika SMP/MTs agar dapat menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada SI mata pelajaran matematika SMP/MTs yang dihubungkan dengan tujuan mata pelajaran matematika yang hendak dicapai.


Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP
Penulis : Dra. Th. Widyantini, M.Si

Modul ini ditulis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam:
1. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Teams Achievement Divisions) yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan materi pembelajaran;
2. memfasilitasi guru dalam pertemuan MGMP dalam hal mengidentifikasi materi pembelajaran dalam Standar Isi Permendiknas No. 22 Tahun 2006 yang dapat diterapkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP
Penulis : Rachmadi Widdiharto

Bahan ini disusun sebagai dasar bahan ajar agar secara umum guru dapat melaksanakan diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan menyusun program tindak lanjutnya. Secara khusus bahan ajar ini disusun agar guru memiliki kompetensi dalam
  1. mengungkapkan sebab-sebab yang mungkin atas kesulitan-kesulitan belajar siswa
  2. menyusun model atau alat untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip dalam masalah matematika
  3. mengidentifikasi jenis kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip dalam masalah matematika
  4. menyusun dan melaksanakan kegiatan remidi sebagai tindak lanjut.


Medusoid, Ubur-ubur Buatan dari Sel Tikus


TEMPO.CO : Para ilmuwan berhasil membuat ubur-ubur buatan dari sel-sel jantung tikus dan polimer silikon. Ibarat pompa biologis alami, ubur-ubur buatan yang dijuluki Medusoid ini berdenyut-denyut seperti jantung manusia dan bisa berenang mirip ubur-ubur asli.

"Ini menjadi model yang baik untuk mempelajari fisiologi jantung manusia," kata Kevin Kit Parker, seorang peneliti rekayasa biologi di Harvard University.

Ide pembuatan Medusoid adalah untuk melihat cara kerja pompa berotot, selain jantung atau organ berotot lainnya, serta mempelajari adanya kesamaan mendasar atau prinsip-prinsip desain di antara keduanya.

Parker mengatakan bahan utama pembuatan Medusoid adalah sel otot jantung tikus dan sebuah film silikon tipis. Bersama peneliti dari California Institute of Technology, mereka merekayasa sel dan silikon tersebut menjadi sebuah struktur yang menyerupai ubur-ubur nyata.

Mereka kemudian meletakkan Medusoid dalam tangki berisi cairan penghantar listrik. Sengatan listrik kemudian dialirkan untuk merangsang ubur-ubur hasil rekayasa tersebut supaya bergerak. "Hasilnya, ubur-ubur berenang. Tapi tidak perlu makan dan reproduksi seperti halnya ubur-ubur sebenarnya," ujar Parker, Senin lalu.

Medusoid memiliki banyak manfaat sebagai model. Parker mengatakan tiap ilmuwan dapat memanfaatkan ubur-ubur temuannya untuk memecahkan berbagai persoalan yang berbeda.

Seorang ahli biologi kelautan, misalnya, bisa belajar lebih banyak tentang arsitektur dan mekanisme berenang ubur-ubur. Ahli biologi komparatif dapat mengamati mekanisme pemompaan Medusoid dibandingkan dengan cara kerja jantung manusia.

Untuk insinyur jaringan tubuh, Parker manambahkan, pembuatan Medusoid menjadi pelajaran dalam hal desain dan kontrol kualitas. "Saya tertarik menggunakan Medusoid untuk pengembangan obat sakit jantung dan sebagai model awal untuk merancang jantung buatan," ujar dia.

Keberhasilan pembuatan Medusoid, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Biotechnology, memicu Parker dan rekan-rekannya melanjutkan percobaan pada hewan lain yang memiliki anatomi dan fungsi organ tubuh yang lebih rumit dan kompleks.

Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Komite Sekolah

SUSUNAN PENGURUS KOMITE SMP NEGERI 1 BOLO
PERIODE TAHUN 2013-2015

NO
NAMA
JABATAN
DALAM KEPENGURUSAN
1.

H. ABDULLAH M. ALI, S.Pd.

Ketua
2.

ALWI HAKIM, S.Pd.


Wakil Ketua

3.
TAUFIQURRAHMAN

Sekretaris

4.
MUHAMMAD YUSUF, S.Pd.

Wakil Sekretaris

5.
SYAHRUL, S.Sos.

Bendahara

6.
MARWAN, S.Pd.

Wakil Bendahara

7.
Drs. HASANUDDIN, M.Pd.

Anggota


8.

MAMAN USMAN, S.Pd.

Anggota


9

SUDIRMAN, S.Pd.

Anggota


10.

TAUFIKURRAHMAN, SH

Anggota

11.
RUSDIN H. JAFAR, ST

Anggota



Ditetapkan di    : Bolo
Pada Tanggal    : 27 Januari 2014
Kepala SMP Negeri 1 Bolo,
 


Rifaid, S.Pd., M.Pd

NIP. 19720305 199802 1 003

Identitas Sekolah

Identitas Sekolah

Visi, Misi dan Tujuan

1.      Visi
Visi sekolah telah dirancang sesuai dengan potensi dan kondisi serta keinginan masyarakat di sekitar dan seluruh warga sekolah,  yang tentunya masih dalam koridor pembangunan pendidikan secara nasional sebagai imajinasi moral yang dijadikan rujukan dalam menentukan tujuan atau keadaan masa depan yang diharapkan. Adapun visi SMP Negeri 1 Bolo adalah
“MEWUJUDKAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN YANG     UNGGUL, KOMPETITIF DAN MANTAP DALAM IMTAQ”
Kami memilih visi ini untuk tujuan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Visi ini menjiwai warga sekolah kami untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.  
Visi tersebut mencerminkan cita-cita sekolah yang:
a.         berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian
b.         sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
c.         ingin mencapai keunggulan
d.         mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah/madrasah
e.         mendorong adanya perubahan yang lebih baik
f.          mengarahkan langkah-langkah strategis (misi) sekolah/madrasah
2.      Misi
Di setiap kerja komunitas pendidikan, kami selalu menumbuhkan disiplin sesuai aturan  bidang kerja masing-masing, saling menghormati dan saling percaya dan tetap menjaga hubungan kerja yang harmonis dengan berdasarkan pelayanan prima, kerjasama, dan silaturahmi. Berdasarkan rumusan visi di atas, maka dapat dijabarkan misi SMP Negeri 1 Bolo yaitu :
1.    Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan Potensi yang dimilki
2.   Memberikan pembinaan secara efektif terhadap siswa yang memiliki kemauan dan semangat belajar tinggi
3.    Menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetisi secara inisiatif kepada setiap siswa
4.    Menciptakan lingkungan sekolah yang sehat serta menyenangkan sebagai tempat belajar siswa
5.    Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
6.    Meningkatkan kemamuan siswa menggunakan alat peraga dan media pembelajaran.
7.    Mengembangkan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler unggulan sesuai dengan potensi dan minat siswa
8.    Meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru
9.    Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan kegiatan belajar mengajar
10.  Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan stakeholder dalam rangka pengembangan sekolah yang berakar pada imtaq dan budaya bangsa
11.  Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite sekolah
12.  Membudayakan sikap disiplin, memilki kinerja dan motifasi belajar yang tinggi untuk mewujudkan jiwa sekolah yang kreatif, berprestasi dan demokratis
13.  Menyiapkan sarana prasarana yang representative guna mendukung KBM dan kegiatan imtaq
14.  Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
15.  Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
16.  Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal.
17.  Menumbuhkan dan mendorong keunggulan dalam penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
18.  Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga terbangun siswa yang kompeten dan berakhlak mulia.
19.  Mendorong lulusan yang berkualitas, berprestasi, berakhlak tinggi, dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki.
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas.
3. Tujuan 
Tujuan sekolah kami merupakan jabaran dari visi dan misi sekolah agar komunikatif dan bisa diukur sebagai berikut:
1.    Meningkatkan sarana prasarana sekolah
2.    Meningkatkan nilai UAS / UN
3.    Meningkatkan jumlah lulusan
4.    Terpenuhinya standar profesionalisme dalam menerapkan metode pengajaran dan dapat memberikan efek langsung pada siswa bagi peningkatan mutu siswa
5.    Menciptakan suasana sekolah yang kondusif
6.    Unggul dalam kegiatan keagamaan dan kepedulian sekolah.
7.    Unggul dalam persaingan masuk ke jenjang pendidikan setingkat lebih tinggi.
8.    Unggul dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama bidang sains dan matematika.

9.   Unggul dalam lomba olah raga, kesenian, PMR, Paskibra, dan Pramuka