Minggu, 29 Juli 2012

Download Buku Matematika SMP Milik P4TK Matematika


Permasalahan Pembelajaran Geometri Ruang SMP dan Alternatif Pemecahannya
Penulis : Untung Trisna Suwaji

Materi dalam paket ini meliputi materi yang terdapat dalam standar isi ditambah dengan beberapa materi pengayaan. Materi-materi tersebut meliputi bangun-bangun ruang dengan sisi datar seperti kubus, balok, prisma, dan limas, serta bangun-bangun ruang dengan sisi lengkung seperti kerucut, tabung, dan bola. Pada kedua jenis bangun ruang tersebut dibahas tentang konsep, istilah-istilah, luas permukaan, dan volum. Sedangkan materi pengayaan meliputi luas permukaan dan volum bangun ruang terpancung.


Analisis SI-SKL Matematika SMP Untuk Optimalisasi Tujuan

Penulis : Sri Wardhani

Paket tulisan ini disusun dalam rangka memfasilitasi:
1. MGMP Matematika SMP agar dapat meningkatkan kompetensi anggotanya dalam mengelola pembelajaran matematika yang sesuai dengan standar nasional pendidikan;
2. Guru matematika SMP/MTs agar dapat menganalisis Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada SI mata pelajaran matematika SMP/MTs yang dihubungkan dengan tujuan mata pelajaran matematika yang hendak dicapai.


Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP
Penulis : Dra. Th. Widyantini, M.Si

Modul ini ditulis untuk meningkatkan kompetensi guru dalam:
1. menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Teams Achievement Divisions) yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa dan materi pembelajaran;
2. memfasilitasi guru dalam pertemuan MGMP dalam hal mengidentifikasi materi pembelajaran dalam Standar Isi Permendiknas No. 22 Tahun 2006 yang dapat diterapkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD.


Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP
Penulis : Rachmadi Widdiharto

Bahan ini disusun sebagai dasar bahan ajar agar secara umum guru dapat melaksanakan diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan menyusun program tindak lanjutnya. Secara khusus bahan ajar ini disusun agar guru memiliki kompetensi dalam
  1. mengungkapkan sebab-sebab yang mungkin atas kesulitan-kesulitan belajar siswa
  2. menyusun model atau alat untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip dalam masalah matematika
  3. mengidentifikasi jenis kesulitan siswa dalam memahami dan menggunakan konsep/prinsip dalam masalah matematika
  4. menyusun dan melaksanakan kegiatan remidi sebagai tindak lanjut.


0 komentar:

Posting Komentar