Guna meningkatkan
motivasi guru dalam menulis dan menyebarluaskan pengalaman terbaiknya,
Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependididan Pendidikan Menengah
mangadakan lomba penulisan “Best Practice Guru.” Tulisan pengalaman terbaik
(Best Practice) guru adalah tulisan yang dibuat guru yang berisi laporan uraian
pengalaman nyata guru dalam memecahkan berbagai masalah pelaksanaan
pembelajaran dan/atau masalah pengelolaan yang ada di kelas (bagi guru) atau di
satuan pendidikan (bagi kepala sekolah). Tulisan merupakan pengalaman nyata
guru, bukan pengalaman orang lain, saduran, terjemahan atau plagiasi.
Prosedur
Penulisan Best Practice
1.
|
Peserta kegiatan
ini adalah guru/kepala sekolah pendidikan menengah.
|
2.
|
Penulisan laporan
Best Practice dilakukan perseorangan.
|
3.
|
Kelengkapan yang
harus dikirim kepada panitia:
|
- Laporan tertulis
sebanyak 2 (dua) eksemplar.
- Naskah sajian (print-out) presentasi yang berupa tayangan PowerPoint, dengan jumlah slide sekitar 10-20 buah. - CD yang berisi laporan lengkap dalam format MS. Word dan juga berisi naskah presentasi dalam bentuk PowerPoint. |
Aturan
dan Kerangka Penulisan
1.
|
Pengalaman terbaik
(Best Practice) guru diketik dengan menggunakan huruf ARIAL font 12, spasi
1,5, menggunakan kertas ukuran A4 70 gr, tidak bolak-balik.
|
2.
|
Jarak pengetikan
bagian atas 3,0 cm dan bawah 2,5 cm, bagian tepi kiri 3,0 cm dan kanan 2,5
cm. Setiap halaman diberi nomor halaman.
|
3.
|
Naskah dijilid
rapi dengan menggunakan sampul soft cover berwarna MERAH dan format sesuai
dengan yang tersaji dalam lampiran. Semua lampiran, harus dijilid menjadi
satu kesatuan dengan laporannya (tidak disajikan secara terpisah).
|
4.
|
Kerangka isi
penulisan diatur sebagai berikut.
|
Bagian Awal
terdiri atas: (a) halaman judul; (b) lembaran pengesahan; (c) kata pengantar;
(d) daftar isi, (e) abstrak atau ringkasan; serta (f). daftar tabel, daftar
gambar, dan daftar lampiran (bila ada). Lembar persetujuan ditandatangani
Koordinator Pengawas bila yang menyusun adalah pengawas dan ditandatangani
Pejabat Dinas Pendidikan bila yang menyusun adalah koordinator pengawas.
Bagian Isi terdiri atas beberapa bab. (a) Bab Pendahuluan menjelaskan latar
belakang, permasalahan, tujuan, dan manfaat. (b) Bab Kajian tentang
Pembahasan dan Pemecahan Masalah yang menguraikan langkah-langkah atau
cara-cara dalam memecahkan masalah yang dituangkan secara rinci. Hal yang
sangat perlu dituliskan adalah bagaimana tindakan, cara, langkah yang
dilakukan oleh pengawas sekolah sehingga kegiatan tersebut dinyatakan sebagai
pengalaman terbaiknya dalam memecahkan masalah dan juga dihubungkan dengan
teori akademik yang menunjang. Semua uraian tentang pelaksanaan tindakan yang
telah dilakukan harus didukung (dilampirkan) dengan data yang benar. Hal yang
sangat perlu disajikan pada bab ini adalah keaslian dan kejelasan ide/gagasan
terkait dengan upaya pemecahan masalah. Uraian ini merupakan inti tulisan
Best Practice. (c) Bab Simpulan dan Saran berisi uraian tentang hal-hal yang
dapat dipetik sarinya dari pengalaman berharga tersebut. Simpulan diikuti
dengan saran atau rekomendasi terhadap pihak terkait dengan pemecahan masalah
tersebut. Bagian Penunjang berisi daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang
menunjang tulisan tersebut. Sajian lampiran dimaksudkan sebagai bukti
penunjang kegiatan yang ditulis itu benar-benar merupakan hal nyata yang
telah dilakukan.
|
Pengiriman
Laporan Best Practice
Berkas laporan dikirim ke alamat panitia dan selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2012 Pukul 13.00 WIB berkas sudah diterima panita.
Berkas laporan dikirim ke alamat panitia dan selambat-lambatnya tanggal 31 Agustus 2012 Pukul 13.00 WIB berkas sudah diterima panita.
Penilaian
Penilaian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan penilaian administratif dan substansi tulisan. Peserta yang lolos tahap seleksi ini diundang melakukan presentasi. Tahap kedua dilakukan penilaian berdasarkan substansi isi dan hasil presentasi dengan kriteria (a) kesesuaian presentasi dengan isi tulisan, (b) kejelasan dan logika dalam penyajian, dan (c) unjuk kerja selama menyajikan presentasi.
Penilaian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan penilaian administratif dan substansi tulisan. Peserta yang lolos tahap seleksi ini diundang melakukan presentasi. Tahap kedua dilakukan penilaian berdasarkan substansi isi dan hasil presentasi dengan kriteria (a) kesesuaian presentasi dengan isi tulisan, (b) kejelasan dan logika dalam penyajian, dan (c) unjuk kerja selama menyajikan presentasi.
Penghargaan
Penulis dan penyaji Pengalaman Terbaik (Best Practice) akan memperoleh hadiah yang berupa sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya.
Penulis dan penyaji Pengalaman Terbaik (Best Practice) akan memperoleh hadiah yang berupa sertifikat tingkat nasional dan penghargaan lainnya.
PANITIA
PENULISAN BEST PRACTICE
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Dikmen
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta 10270
Telp/Fax: 021-57974108
Email: programptkdikmen@yahoo.co.id
Subdit Program dan Evaluasi
Direktorat Pembinaan PTK Dikmen
Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah
Kemdikbud Gedung D Lantai 12
Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan, Jakarta 10270
Telp/Fax: 021-57974108
Email: programptkdikmen@yahoo.co.id
0 komentar:
Posting Komentar