Psikologi Pendidikan adalah
ilmu yang mempelajari bagaimana manusia belajar dalam pendidikan pengaturan,
efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan psikologi sosial
dari sekolah sebagai organisasi. Psikologi pendidikan berkaitan
dengan bagaimana siswa belajar dan berkembang, dan sering terfokus pada sub
kelompok seperti berbakat anak-anak dan mereka yang tunduk pada khusus
penyandang cacat .
Menurut Muhibin Syah
(2002), pengertian psikologi pendidikan adalah sebuah disiplin
psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang terjadi dalam dunia
pendidikan. Sedangkan menurut ensiklopedia amerika, Pengertian
psikologi pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses
pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip –
prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
Sedangkan menurut
Witherington, Pengertian Psikologi pendidikan adalah
studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan
dengan pendidikan manusia.
Tardif (dalam Syah,
1997: 13) juga mengatakan bahwa Pengertian Psikologi Pendidikan adalah
sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku
manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
Dari beberapa
pendapat tentang psikologi pendidikan, kami mengambil kesimpulan bahwa Pengertian
Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku
manusia di dalam dunia pendidikan yang meliputi studi sistematis tentang
proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia yang
tujuannya untuk mengembangkan dan meningkatkan keefisien di dalam pendidikan.
0 komentar:
Posting Komentar